banner 970x250

Gibran Mendengar, Curhatan UMKM Bali Soal Pemda Jarang Bantu

Gibran Mendengar, Curhatan UMKM Bali Soal Pemda Jarang Bantu

Gibran Rakabuming Raka sekali Cawapres nomor urut 2 telah dicurhati oleh para UMKM terkait pemerintah daerah. Dimana pemerintah daerah sangat jarang membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satu warga Klungkung, Nusa Penida, Putu Sugi Wisnawa, yang berasal dari Komunitas Kreatif Klungkung, juga telah menyampaikan banyak sekali keluhan. Terutama yang dirasakan oleh masyarakat Penida, yaitu koneksi internet lambat, air terbatas, serta pasokan listrik.

Gibran Mendengar Curhatan UMKM Bali

Pembahasan tentang UMKM tersebut, juga telah disampaikan langsung oleh Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bangli Raden Ajeng Ayu Citra Resminingrum. Pada akhirnya, Gibran merespons keluhan tersebut.

Menurut Gibran, perusahaan yang besar memang wajib sekali menggandeng UMKM. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Investasi nomor 1 tahun 2022.

“Sementara itu, sebenarnya untuk perusahaan besar yang saat ini tidak bisa maju sendiri. Oleh karena itu, harus berusaha untuk bisa membesarkan yang kecil-kecil tersebut.

Sama halnya seperti Krisna uang saat ini sudah banyak ambil UMKM dari Solo. Jadi usahakan jangan ada yang besar (sendiri) dari usaha ini,” sambung Gibran di Denpasar, Jumat (26/1/2024).

Cawapres nomor urut 2 ini juga telah menjelaskan selama di Solo selalu melibatkan UMKM. Hal ini terutama untuk berbagai macam event nasional maupun internasional.

Misalnya saja, seperti Asian Para Games. “Ini biasanya souvenir dari UMKM semua. Di zaman juga akan ada yang terlibat baik itu pameran maupun souvenir,” ungkapnya.

Kemudian, Cawapres nomor urut 2 juga telah siap menangani beberapa pelaku di bidang digitalisasi pertanian. Menurutnya lagi, sosok anak muda sebenarnya belum sepenuhnya ingin melanjutkan usaha pertanian dari orang tuanya.

“Jadi untuk para anak muda sekali lagi akan jauh lebih senang yang berbau digital. Makanya pada waktu debat cawapres saya juga sudah paparkan smart farming. Hal tersebut memang sangatlah penting dilakukan,” ucap putra sulung Presiden Jokowi itu.

Tujuannya, kata Gibran Rakabuming Raka, untuk bisa langsung melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi lahan. Dengan begitu, lahan yang sudah ada juga bisa langsung dioptimalkan produktivitasnya.

“Nantinya, di sektor pertanian ini akan langsung dijalankan oleh anak muda,” ucap Gibran.

Meta Deskripsi: Gibran Rakabuming Raka sekali Cawapres nomor urut 2 telah dicurhati oleh para UMKM terkait pemerintah daerah.

Sumber artikel:
https://www.detik.com/bali/berita/d-7162796/kampanye-lagi-di-bali-gibran-dicurhati-soal-pemda-jarang-bantu-umkm
https://www.detik.com/bali/berita/d-7162784/warga-nusa-penida-curhat-soal-internet-hingga-air-ini-jawaban-gibran
https://bali.antaranews.com/berita/336906/di-bali-gibran-datang-lagi-dan-tawarkan-musisi-aktifkan-lagi-bekraf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *