banner 970x250

Rilis Survei Terbaru Poltracking, Pasangan Prabowo Gibran Unggul Penuh di Jatim

Rilis Survei Terbaru Poltracking, Pasangan Prabowo Gibran Unggul Penuh di Jatim

Baru-baru ini Poltracking merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres tahun 2024 khusus daerah Jawa Timur. Hasilnya, pasangan nomer urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tersebut berhasil menang telak dan maksimal di daerah Jatim. Hasil tersebut juga disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, yakni Hanta Yuda.

Dalam survei terakhir dari Poltracking khusus di Jawa Timur, elektabilitas Prabowo-Gibran memang berada diatas angina dengan perolehan angka 60,1%.

Kemudian disusul oleh pasangan nomer urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebesar 17,2%, sementara pasangan capres an cawapres nomer urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) mendapatkan angka 14,9%.

Sebaran Pemilih Pasangan Prabowo Gibran di Daerah Jawa Timur

Dari hasil survei terbaru dari poltracking tersebut diketahui bahwa pasangan Prabowo-Gibran sangat unggul di 32 kabupaten/kota Jawa Timur. Sedangkan untuk pasangan nomer urut 03 menang di 4 kabupaten/kota. Sisanya dimiliki pasangan nomer urut 01 dengan unggul di dua kabupaten.

Secara umum pasangan nomer urut 02 Prabowo-Gibran ini sangat mendominasi di beberapa kota mulai dari di Kota Surabaya, kemudian Kabupaten Malang, lalu Banyuwangi, ada juga Jember, Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Gresik, Kabupaten Blitar, hingga kabupaten Tuban.

Kemudian untuk daerah Sumenep, lalu Kabupaten Probolinggo, kemudian Tulungagung, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Lumajang, Bangkalan pasangan ini juga sangat mendominasi. Selanjutnya juga ada keunggulan di daerah Ponorogo, lalu Ngawi, Kota Malang, Pamekasan, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Madiun, Magetan, Situbondo, Pacitan, Kota Pasuruan, serta Kota Mojokerto.

Sedangkan pasangan nomer urut 01 menang di daerah kabupaten Sampang dan Kota Probolinggo. Sementara pasangan nomer urut 03 menang telak di Kota Kediri, kemudian Kota Blitar, Kota Madiun, serta Kota Batu. Perlu diketahui juga bahwa lembaga survei Poltracking ini menggunakan metode khusus yakni multistage random sampling. Dan tentunya dengan Jumlah responden cukup banyak yakni sekitar 8.000 lebih yang diambil secara proporsional dan akumulatif dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

 

https://www.detik.com/jatim/berita/d-7180711/hasil-survei-poltracking-prabowo-gibran-menang-di-32-kabupaten-kota-jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *